Tuesday, November 15, 2011

Membuat Database MySQL dengan WebServer XAMPP

Tuesday, November 15, 2011

Pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara membuat database mysql dengan menggunakan web server XAMPP. Kita akan belajar membuat database dan tabel, database yang akan kita buat misal kita beri nama "mhs" dan tabel yang kita buat misal kita beri nama "tbMhs". sebelum melanjutkan tutorial ini, pembaca diasumsikan sudah menginstal XAMPP pada komputer yang digunakan.

nah, sekarang masuk ke phpMyAdmin, dengan mengetikan URL http://localhost/phpmyadmin/ pada browser.

1. Membuat Database
setelah masuk ke phpMyAdmin, kita sudah bisa langsung membuat database yang diinginkan. masukkan nama database dan tekan tombol Create seperti terlihat pada gambar di bawah ini



setelah tombol Create ditekan, database anda dengan nama "mhs" sudah berhasil dibuat, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tabel.


2. Membuat Tabel
Setelah membuat database selesai, pekerjaan kita selanjutnya adalah membuat tabel, struktur tabel yang kita buat dapat dilihat seperti gambar di bawah ini



Untuk membuat tabel kita tinggal masukkan nama tabel dan jumlah field yang diperlukan. dalam kasi ini kita membutuhkan menggunakn 3 field. Masukkan nama tabel dan jumlah field kemudian tekan tombol "GO" seperti gambar di bawah ini.

Setelah tombol "GO" ditekan, pekerjaan selanjutnya adalah menuangkan struktur tabel ke tabel yang sedang kita buat. isikan textfield seperti gambar di bawah ini kemudian tekan tombol "save".


setelah tombol "save" ditekan, tabel yang kita buat sudah selesai, hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.

 

© 2013 PHP Spot. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top