Sunday, January 12, 2014

Belajar PHP Dasar

Sunday, January 12, 2014

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman server side yang bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web.

Sekumpulan script php yang dituliskan akan dieksekusi oleh server berdasarkan permintaan dan isi script kemudian mengembalikan sebuah hasil kepada klien berupa data yang ditampilkan menggunakan html.

Sebelum melanjutkan untuk belajar PHP lebih dalam, perlu diketahui dasar-dasar yang diperlukan untuk bisa menguasai bahasa pemrograman PHP, yang nantinya berpotensi untuk bisa digunakan membangun sebuah website yang dinamis.

Pengetahuan dasar PHP yang perlu diketaui seperti :
1. Sintak Dasar
  • Tag PHP
  • Escaping dari HTML
  • Pemisah Sintak PHP
  • Komentar PHP
2. Struktur Data PHP
3. Struktur Kondisi PHP
4. Struktur Perulangan PHP

  • Struktur Perulangan For PHP
  • Struktur Perulangan Foreach PHP
  • Struktur Perulangan While PHP

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas hal paling dasar yaitu Tag PHP, Escaping dari HTML, Pemisah sintak PHP, Komentar PHP.
Sebelum membangun sebuah bangun, dasar harus diperkuat lebih dahulu, setuju?

1. Tag PHP
Ketika mem-parsing file, PHP akan mencari tag pembuka dan tag penutup, <?php dan ?> Yang memberitahu PHP untuk memulai dan menghentikan mengeksekusi kode di antara kedua tag. Parsing dengan cara ini memungkinkan PHP untuk dimasukkan dalam segala macam dokumen yang berbeda, segala sesuatu di luar kedua tag pembukaan dan penutupan akan diabaikan oleh parser PHP.

PHP juga bisa dibuka dengan mengguna tag singkat <? dan ?>, namun untuk menggunakan tag singkat ini anda perlu melakukan sedikit konfigurasi pada file php.ini, tag singkat ini bisa digunakan jika "short_open_tag" sudah diaktifkan melalui php.ini

Jika file adalah kode PHP murni, lebih baik untuk menghilangkan tag penutup PHP pada akhir file. Hal ini untuk mencegah adanya spasi yang tidak disengaja atau garis baru setelah tag penutup PHP, karena dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan karena PHP akan mulai buffering output ketika tidak ada output apapun di dalam script.

Contoh Penggunaan Tag PHP :
<?php
    
echo 'belajar php dasar';?>
<?php
    
echo 'belajar php';?>
 2. Escaping dari HTML
Semua hal yang berada diluar tag pembuka dan tag penutup php akan diabaikan oleh parser php dengan begini akan memungkinkan jika php dikombinasikan dengan unsur pembentuk web yang lain seperti HTML. Script PHP bisa disisipkan diantara tag HTML, sebagai contoh :

<p>tag html yang diabaikan oleh PHP</p>
<?php echo 'baris ini akan dieksekusi oleh php'?>
<p>ini juga diabaikan oleh php</p>
3. Pemisah Sintak PHP
Seperti di C atau Perl, PHP memerlukan instruksi untuk mengakhiri eksekusi perintah dengan titik koma di akhir setiap script. Tag penutup dari blok kode PHP secara otomatis mengimplikasikan titik koma, Anda tidak perlu diisi titik koma untuk mengakhiri baris terakhir blok PHP.
<?php    echo 'belajar php dasar';?>
<?php echo 'belajar php untuk pemula?>
<?php echo 'belajar php'; 

4. Komentar
Komentar adalah baris script php yang tidak akan dieksekusi sebagai perintah oleh php, biasanya komentar banyak digunakan untuk menandai blok fungsi atau mendeskripsikan tugas suatu baris script php.
Ada tiga bentuk tag komentar php yaitu "//", "/* dan */","#" berikut contoh penggunaanya

<?php
    
echo 'belajar php'// ini adalah satu baris komentar
    /* ini adalah komentar untuk baris ganda
       baris lainya yang berada dalam tag komentar */

    echo 
'belajar php untuk pemula'# ini adalah contoh komentar terakhir?>

 

© 2013 PHP Spot. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top